Peristiwa Kunci dari Sejarah Pengelolaan Kualitas Udara di California

Discalimer: Tulisan ini adalah merupakan tugas kuliah Pengelolaan Kualitas Udara. Dengan sumber utama di sini. Tulisan ini hasil dari transletean yang dilakukan secara serampangan dari sumber yang telah disebutkan, beserta dengan tambahan yang dirasa perlu. Saya memohon maaf jika isi tulisan ini sama sekali tak jelas dan sulit untuk dimengerti, karena kapasitasi diri saya yang sulit memahami bahasa inggris.

***

Oleh: Ferry Irawan Kartasasmita (25314733)

london smogBerdasarkan pada kejadian pencemaran udara, perkembangan penelitian dan ilmu pengetahuan serta regulasi dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Diurutkan melalui periode waktu awal.

1930 (Kejadian Pencemaran Udara)

Pada awal Desember 1930, kabut tebal menyelimuti disebagian besar wilayah Belgia. Beberapa kasus gangguan pernafasan akut terjadi di Meuse Valley yang padat penduduk dan akibat kasus ini terjadi 60 orang meninggal. Sebuah investigasi komisi Belgia menyimpulkan bahwa penyebab terjadinya kabut tebal akibat limbah gas beracun pabrik-pabrik di Meuse Valley yang menyebabkan perubahan iklim.

Komisi Belgia berpendapat bahwa perubahan iklim tersebut diakibatkan oleh sulfur dioksida (SO2) dan senyawa gas fluorin yang ditemukan di pabrik-pabrik industri di sana. Dari 27 pabrik yang berada di daerah tersebut, terdapat 15 pabrik yang menggunakan bahan baku berbahan fluor.

1943 (Kejadian Pencemaran Udara)

Untuk pertama kalinya terjadi kabut di Los Angeles yang terjadi pada musim panas 1943. Jarak pandang hanya tiga blok dan manusia mengalami perih pada mata, gangguan pernafasan, mual, dan muntah. Fenomena ini dikenal dengan “gas attack” dan kesalahan ditujukan pada pabrik butadiene yang berada disana. Situasi tidak membaik ketika pabrik ditutup.

1945 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Akibat kasus pencemaran “gas attack” yang terjadi, maka pemerintah Kota Los Angeles menerapkan program pengendalian pencemaran udara. Dengan didirikannya Biro Pengendalian Asap di Departemen Kesehatan.

1946 (Ilmu Pengetahuan)

Raymond R. Tucker mempelajari kabut tebal yang terjadi di Los Angeles dan merekomendasikan peran aktif dan kerja sama antar pemerintah di setiap wilayah County.

1947 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Dalam hal pencegahan dari bencana pencemarna asap yang terjadi di Los Angeles, maka pada tanggal 10 Juni 947, Gubernur California, Earl Warren,  menetapkan undang-undang kontrol polusi udara di setiap distrik untuk setiap County di wilayah negara bagian. California resmi mengadopsi Ringelmann System untuk mengukur opasitas yang berasal dari berbagai cerobong asap dan sumber lainnya.

1948 (Kejadian Pencemaran Udara)

Pencemaran udara terjadi di Donora, Pennsylvania, tahun 1948. Peristiwa pencemaran udara ini dianggap terburuk di Amerika Serikat karena menewaskan 20 nyawa manusia, ratusan hewan ternak mati, tumbuhan-tumbuhan layu, dan separuh warga kota yang berjumlah 12.000 menderita mual, muntah, dan sesak nafas sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa ini terjadi akibat terbentuknya lapisan inversi, dimana udara yang dekat dengan permukaan bumi suhunya lebih dingin dari pada udara yang berada di atasnya. Akibatnya gas polutan yang berasal dari cerobong asap pabrik peleburan baja dan pabrik-pabrik lain yang berada di lembah sungai Monongahela, tempat Donora berada, terperangkap di bawah lapisan inversi bersama udara dingin yang stagnan dan tidak dapat keluar. Akibatnya gas polutan menyelimuti kota Donora, membentuk kabut asap tebal, menghalangi pandangan dan membuat manusia mengalami gangguan pernafasan.

1952 (Kejadian Pencemaran udara).

Kabut asap besar (The Great Smog) adalah peritiwa polusi udara terparah yang melanda Kota LondonInggris pada bulan Desember 1952. Peristiwa ini terjadi pada musim dingin diakibatkan oleh cuaca dingin yang bercampur dengan fenomena meteorologi antisiklon dan kondisi cuaca yang berangin. Sumber pencemar utama berasal dari penggunanan batubara untuk industri, transportasi maupun pemanas perumahan.

Menurut laporan medis dalam minggu-minggu berikutnya memperkirakan bahwa lebih dari 4.000 orang tewas dan 100.000 lebih mengalami gangguan pernapasan akut akibat menghirup kabut asap.

1952 (Ilmu Pengetahuan)

Dr Arie Haagen-Smit menemukan sifat dan penyebab kabut asap yang berasal dari fotokimia. Dia menentukan bahwa nitrogen oksida dan hidrokarbon dapat beraksi dengan radiasi ultraviolet dari matahari membentuk asap (komponen kunci dari ozon).

1955 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Federal Air Pollution Control Act di bentuk pada tahun 1955. Memiliki fungsi utama mengadakan penelitian dan bantuan teknis kepada kementerian kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan dalam memberikan pengetahuan baru mengenai penyebab dan efek dari pencemaran udara.

Pengendalian pencemarna udara di setiap wilayah didirikan termasuk di wilayah Alameda, Contra Costa, Marin, Napa, San Francisco, San Mateo, Santa Clara, dan bagian dari Solano serta Sonoma. Dan dibentuk pula biro sanitasi udara dibawah Departemen Kesehatan Masyarakat.

1956 (Kejadian Pencemaran Udara)

Terjadi kembali kabut tebal (dikenal killer fog) yang menyelimuti London, Inggris, mengakibatkan 1000 orang lebih meninggal dunia.

1959 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

California memberlakukan undang-undang yang mewajibkan Departemen Kesehatan Masyarakat menetapkan standar kualitas udara dan kontrol yang untuk emisi kendaraan bermotor. Standar kualitas udara di seluruh negara bagian pertama yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan Masyarakat adalah total partikulat tersuspensi, oksidan fotokimia, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, dan karbon monoksida.

1961 (Ilmu Pengetahuan)

Untuk pertama kalinya tercipta teknologi kontrol emisi otomotif. Teknologi ini dapat meminimalisir campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder mesin yang mengurangi oembakran yang tidak sempurna.

1966 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Untuk pertama kalinya dibuat Standar emisi knalpot mobil untuk HC dan CO yang diadopsi oleh Badan Pengendalian Pencemaran Kendaraan Bermotor California.

1967 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

California Air Resources Board dibentuk yang merupakan hasil penggabungan dari Badan Pengendalian Pencemaran Kendaraan Bermotor California dan Biro Sanitasi Udara dan Laboratorium. The Mulford-Carrell Air Resources ditandatangani dan disahkan menjadi undang-undang oleh Gubernur Ronald Reagan.

1969 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Menetapkan Standar Kualitas Udara baru dengan menambahkan senyawa baru yaitu,  total partikulat tersuspensi, oksidan fotokimia, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, dan karbon monoksida.

1970 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Terjadi beberapa kebijakan yang diambil pemerintah pada tahun ini, yaitu: terjadi pelarangan pembakaran halaman di wilayah California, National Environmental Protection Act (NEPA) disahkan dan untuk pertama kalinya hari bumi diselenggarakan, pada 22 April 1970.

1971 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

USEPA mengungumkan Standar Nasional Ambient Kualitas Udara untuk partikulat, oksidan fotokimia (termasuk ozon), hidrokarbon, karbon monoksida, nitrogen dioksida dan sulfur dioksida.

1976 (Ilmu Pengetahuan)

Volvo memperkenalkan varian mobil terbarunya untuk tahun 1977 yang memiliki keunggulan sebagai “Smog-Free”. Memiliki kemampuan mutakhir dengan Three-way catalytic untuk mengontrol gas buang pada HC, NOx, dan emisi CO.

1977 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Melakukan amandemen dan memberlakukan Federal Clean Air Act tahun 1977 sebagai syarat dalam review Standar Nasional Kualitas Udara Ambient pada tahun 1980.

1988 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

CCAA ditandatangani oleh Gubernur Deukmejian. Peraturan ini berisi mengenai kerangka kerja untuk pengelolaan kualitas udara di California selama 20 tahun ke depan.

1990 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Amandemen CAA tahun 1990 yang disahkan menjadi undang-undang oleh Presiden George HW Bush. Berisi sejumlah program baru yang bertujuan untuk membatasi pembentukan ozon perkotaan, hujan asam di pedesaan, ozon stratosfir, polutan beracun di udara dan emisi kendaraan, dan membentuk sistem perizinan nasional yang seragam.

1998 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Peraturan perahu bermesin yang diadopsi untuk mengurangi emisi polutan yang berasal dari mesin tempel maupun perahu pribadi. ARB juga mengubah peraturan off-road engine untuk mesin pemotong rumput, pemangkas rumput dan alat-alat listrik mesin kecil lainnya.

2000 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

ARB mengubah pedoman pembakaran lahan pertanian nasional untuk mengurangi dampak kesehatan dari asap hasil pembakaran biomassa. ARB mengadopsi peraturan untuk mengurangi polusi udara dari bus transit yang beroperasi di California

2000 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

ARB mengadopsi aturan baru yaitu memberlakukan batas paparan asbestos-laden dari kegiatan konstruksi dan tambang. Langkah-langkah bijak ini untuk melindungi Masyarakat California dari ancaman kanker, asbestosis, dan mesothelioma disebabkan oleh paparan serat asbes.

2003 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

ARB mengadopsi peraturan yang berisi pelarangan pembakaran sampah di wilayah permukiman. Peraturan ini mulai berlaku 1 Januari 2004.

2004 (Ilmu Pengetahuan)

Community Health Air Pollution Information System (CHAPIS) diresmikan. CHAPIS adalah sebuah sistem berbasis web gratis untuk memetakan berbagai sumber polusi udara di California dan memberikan penjelasan terperinci mengenai sumber emisi udara.

2006 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

AB 32 ditandatangani. California Global Warming Solutions Act tahun 2006 menetapkan program komprehensif pertama mekanisme pasar, pengukuran, pengurangan gas rumah kaca (GRK). Ini membuat ARB bertanggung jawab untuk memantau dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

2008 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

ARB mengadopsi dua peraturan penting yang bertujuan membersihkan emisi berbahaya dari heavy-duty diesel trucks. Salah satu memerlukan instalasi filter pada knalpot atau penggantian mesin dan pemasangan ban yang efesien dan aerodinamis.

ARB mengadopsi aturan baru mengenai Zero Emission Vehicle (ZEV). Dan menempatkannya pada 65.000 kendaraan sampai pada tahun 2012.

2009 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

California mengatur kebocoran gas rumah kaca yang potensial dari sistem pendingin besar yang akan mengurangi emisi setara 1,4 juta mobil di jalan per tahun. ARB mengadopsi kontrol TPA untuk gas metana yang akan mengurangi 1,5 juta metrik ton emisi gas rumah kaca dalam usaha melawan pemanasan global.

ARB mengadopsi Standar Bahan Bakar Rendah Karbon yang bertujuan mengurangi gas rumah kaca dari aktivitas transportasi mencapai 16 juta metrik ton pada tahun 2020. Peraturan tersebut menjelaskan bgian penting dari aksi cepat yang dijuluki 32 AB, sebagai solusi dari menanggulangi pemanasan global

ARB mengadopsi standar baru untuk jendela mobil yang dapat menghambat sinar panas matahari yang membantu mobil tetap dingin, meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi pemanasan global.

2010 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Peraturan di California untuk mengurangi polusi udara dari 11 kategori produk konsumen termasuk semprotan bug dan berbagai sektor rumah tangga dan alat pembersih profesional yang digunakan

California mengadopsi Standar Energi Terbarukan. Diharapkan sepertiga dari listrik yang digunakan negara pada tahun 2020 berasal dari energi bersih dan hijau.

2011 (Regulasi dan Tindakan Pemerintah)

Cap-dan-Trade: ARB mengadopsi cap-and-trade, elemen kunci dari rencana perubahan iklim yang akan bekerja dengan program perubahan iklim lainnya untuk mendorong inovasi dan dan mempromosikan energi efisien dan bersih.

Bahan Bakar Bersih: ARB berinovasi dengan Low-Carbon Fuel Standard, untuk mengurangi karbon dari buangan pembakaran bahan bakar yang ada dan mengembangkan bahan bakar yang lebih bersih, sehingga mengurangi ketergantungan negara pada minyak bumi.

Ports Cleaner-Shore Power: Langkah yang dibuat untuk mengurangi emisi dari pelabuhan dengan memberikan daya untuk kapal berlabuh yang sebelumnya harus menyalakan mesin.

Sumber Foto: Klik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s