Pertanyaan

pertanyaan2Sebenarnya banyak pertanyaan yang selalu singgah dibenak kita di setiap harinya. Pertanyaan apapun itu, dari yang remeh temeh sampai pertanyaan penting untuk hidup kita kedepannya. Hanya saja selama ini berbagai pertanyaan itu tak pernah kita jawab secara baik. Atau kita hanya menjawab dengan sekenanya saja. Atau kita bahkan menjawab dengan jawaban yang kita tahu itu tak tepat.

Seharusnya berbagai pertanayaan yang datang menghampiri hidup ini adalah sebua media terbaik dalam perbaikan diri ini. Seiring dari datangnya pertanyaan maka kita akan dituntut untuk menemukan jawabannya. Disaat mencari itulah kita pola pikir kita akan berubah sedikit demi sedikit. Dan semakin hari kualitas diri yang akan semakin meningkat

Sayangnya, kebiasaan itu tak pernah aku tumbuhkan pada waktu-waktu yang lalu. Pertanyaan yang datang aku biarkan saja, tak kuhiraukan. Sehingga pertanyaan-pertanyaan kritis yang membangun diri tak mau lagi menghampiri. Jadilah kini diriku manusia yang senantiasa sama dan tak mengalami penningkatan dari waktu-waktu sebelumnya. 

Aku menyadari hidup di dunia ini adalah proses bertanya dan menjawab. Hal ini dapat tercermin pada saat kita kecil dulu. Bagaimana pada awalnya aku sama sekali tak mengetahui apa-apa, tetapi karena proses pembelajaran dan didikan yang diberikan orang tua, guru dan pengalaman. Aku ahirnya tahu, aku mulai membaca dan menilai baik dan buruk melalui moral yang selama ini didongengkan oleh orang dewasa yang aku temui.

Pertanyaan. Banyak sekali pertanyaan yang seharusnya hadir di setiap harinya, tak perduli aku telah membaca banyak, atau mengetahui banyak. Tapi yang pasti, pertanyaan akan selalu hadir, dan dia menuntuk jawaban.

Wajar saja filsuf dunia mengajarkan pembelajaran melalui proses bertanya. Karena pada dasasrnya, pertanyaan itu akan hadir setiap hari. tanpa aku sadari sebelumnya.

Bandung, 16 Juni 2015

Sumber Gambar: Klik

3 thoughts on “Pertanyaan

Tinggalkan Balasan

