Kiat Toefl di ITB

Bagi calon mahasiswa pascasarja Institut Teknologi Bandung (ITB) mungkin ini masa-masanya mempersiapkan kelengkapan atau kesiapan dalam mendaftar sekolah pascasarjana. Berbeda dengan seleksi S1 di ITB yang super ketat dan memiliki pesaing yang tak terhitung jumlahnya.

Untuk sekolah pascasarjana di ITB bisa dibilang sedikit lebih mudah. Kita hanya perlu lulus dari syarat-syarat yang diajukan oleh pihak ITB, disamping untuk beberapa program studi atau jurusan favorit juga harus dilihat quota penerimaan yang ada. Syarat di pascasarjana ITB secara umum adalah lulus Tes Potensi Akademik (TPA) dengan skor 475 dan lulus Toefl (ELPT ITB) atau ITP dengan skor 475 pula. Untuk beberapa program studi, mungkin saja menerapkan skor yang lebih tinggi ataupun dengan syarat yang berbeda.

Dari kedua syarat utama yang diajukan oleh ITB. Syarat Toefl adalah syarat yang lumayan memberatkan, terlebih untuk anak daerah sepertiku, yang notabenenya jarang menggunakan bahasa inggris di kehidupan sehari-hari ataupun pada tugas semasa S1. Pengalaman mengikuti ujian toefl yang diselenggarakan ITB, disini namanya ELPT—aku lupa kepanjangannya, yang jelas tes ini hanya berlaku untuk ruang lingkup ITB saja. Biaya mengikuti tes ini sebesar Rp 75.000.,- mungkin akan semakin tinggi mengikuti inflasi. 😀

Kembali ke ELPT, format soal tak jauh berbeda dengan soal-soal toefl preparation lainnya. Dibagi ke dalam tiga sesi, yaitu; listening, structure, dan reading. Nah untuk structure sendiri, menurut informasi dari beberapa blog dan pengalaman pribadiku lebih baik belajar di Buku Cliffs. Informasi bukunya dapat dilihat di gambar bawah ini.

cliffs toefl

Nah, untuk listening harapan hanya pada telinga dan kebiasaan kita dalam mendengar percakapan bahasa inggris. Bergitupula dengan reading yang bertumpu pada vocab dan pemahaman kalimat bahasa inggris. Jadi yang bisa dipelajari pada waktu yang singkat hanyalah structure, jadi setidaknya sepertiga dari jumlah soal bisa kita maksimalkan dalam menjawabnya.

Mungkin itu saja, sedikit informasi tentang ELPT atau Toeflnya ITB. Semoga calon mahasiswa pascasarjana baru yang merasa ragu akan kemampuan Toefl—sama seperti aku dulu, mendapatkan sedikit pencerahan dari tulisan ini. Mohon maaf jika tak dapat memberikan informasi yang baik. Aku hanya ingin sedikit menekankan, untuk soal structure memang rata-rata keluar dengan pola yang sama dari Buku Cliffs.

Mohon maaf, tidak bermaksud mengguru. Hanya niat untuk berbagi. Selamat sore, selamat menggapai cita-cita. 😀

Bandung, 28 April 2015.

Sumber Gambar: Klik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s