Jalan

jalan-bercabangSebelum semuanya pergi pada suatu pagi. Segala keputusan yang telah diambil mungkin telah membawaku pada suatu jalan di masa depan. Pada suatu jalan yang tak kita ketahui ujungnya, yang tak diketahui pula seberapa menyenangkannya jalan di sebelahnya. Pada suatu masa waktu kedepannya, semua akan tergambar lebih jelas dan lebih jelas lagi. Tapi ketika kita mendapatkan kejelasan pada suatu tujuan yang telah kita ambil. Sayangnya, kita ta pernah bisa berhenti, beristirahat untuk menikmati. Karena bukan perkara tubuh yang tak mampu berhenti melainkan waktu. Waktu telah menjadi roda yang menggerakkan diri ini dan diri ini tak memiliki kuasa apa-apa untuk berhenti.

Di sepanjang hari, kita akan menempuh pada jalan-jalan yang baru. Bedanya, semakin jauh berjalan kita akan semakin jelas melihat. Mau menuju tempat apa sesungguhnya kita. Mungkin saja, di suatu hari kita akan menyesali hari-hari yang telah lalu dan selalu ada rasa ingin kembali di masa itu, untuk memperbaiki kesalahan. Tapi sayangnya, telah manjadi hukum waktu untuk tidak bisa kembali, berhenti atau menjadi beku. Dan selalu ada penyesalan-penyesalan yang mengikuti jalan kita ke depan.

Manusia akan selalu melakukan salah dan tak ada yang mampu untuk memperbaiki kesalahan di masa lampau. Yang mampu dilakukan hanylah untuk menghindari kesalahan agar tak terulang. Tak ada yang mau tentunya, jatuh di lubang ketika pertanda jalan rusak telah kita ketahui sebelumnya. Mungkin itu hakikatnya kita terus berjalan, karena kita akan selalu belajar untuk mengetahui bagaimana cara berjalan yang baik. Seperti seorang supir yang handal, sayangnya kita tak mengetahui medan, tak mengetahui kondisi jalan. Yang dimiliki hanyalah ketahanan fisik dan pengalaman bertahun-bertahun.

Bandung, 9 april 2015

Sumber gambar: Klik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s