Pohon Oak dan Semak

pohon oakMataku terpejam, pikiranku melayang, menerawang, dan akhirnya terbang tinggi, tak kembali. Akhirnya kumengerti dengan sungguh-sungguh, bukan lagi hanya sebatas teori lalu kulupakan lagi. Aku mengerti bahwa segala sesuatu tidak ada dengan sendirinya, tak ada sesuatu yang instan. Semua dihasilkan dengan pengorbanan dan waktu yang lama.

Seberapa besar sebuah karya, ataupun nama. Maka ada pengorbanan yang tak mampu lagi diukur oleh rasa sakit ataupun sebuah keletihan. Semua itu telah membatu, tak terasa lagi, tak ada lagi rengekan manja yang terlontar dari mulutnya. dan waktu untuk melakukan itu bukan lagi ukuran menit, jam atau hari. Sudah menjadi tahun-tahun yang berganti hingga mengokohkan pada sebuah pijakan yang dalam. Tak tersapu oleh angin, tak terbawa oleh ombak.

Aku mungkin hanya bisa melihat dari pucuk pencapaian yang mereka raih. Tak kulihat, bahkan aku membutakan diri bahwa ada batang yang menghantarkan pucuk itu ke angkasa, ada akar yang menggali, menghujamkan diri agar mampu berkembang. Dan tunas layu ini, hanya menatap iri pada pohon oak yang mampu menentang badai.

Ada pengorbanan yang dihadirkan, begitu lamanya waktu untuk bersenang-senang dikurangi untuk terus menekuni. Dan akhirnya, yang menjadi raksasa akan mudah terlihat dan yang menjadi semak akan mudah sekali dilupakan. Siapa yang berdiri paling tinggi, dia akan mendapati butiran hujan paling awal dan yang teronggok di dasar bumi akan mendapati jatah terakhir hasil dari tempias batang atau semak-semak yang lebih tinggi. Aku ingin meninggikan diri, tanpa bermaksud untuk menyaingi pohon oak itu. Aku hanya penasaran seberapa lembut awan di atas sana, dan seberapa syahdu angin semilir di senja hari.

Bandung, 25 Maret 2015

Sumber Gambar : Klik

Iklan

One thought on “Pohon Oak dan Semak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s