The Alchemist

sangalchemisDi tengah kesibukan yang aku temui, kusempatkan diri untuk membaca novel tipis dari penulis yang namanya sering terdengar. Paulo Coelho, dan hasil buah karyanya yang menempatkan sosok penulis dalam gema tak berujung kesustraan dunia, The Alchemist. Sudah sedari lama aku ingin membaca novel dari Paulo Coelho., atas beberapa pertimbangan—karena novel karangannya cenderung tipis, aku tak pernah memutuskan untuk membeli novel beliau.

Beruntung Salman ITB memiliki rumah baca untuk umum. Koleksi yang dimiliki lumayan lengkap dan update. Setidaknya sekarang aku tak perlu lagi meluangkan uang untuk membaca novel penulis besar.

Kembali tentang The Alchemist, jalan cerita terasa ringan tapi penuh dengan pelajaran hidup. Pemilihan kata dalam menyusun kalimat pun terasa santai. Tapi ada satu hal yang membuatku benar-benar mengena ketika membaca novel ini. Paulo Coelho memiliki pendapat yang sama dengan pemikiran kecilku.

Paulo Coelho menganggap dunia ini adalah kesatuan yang saling berhubungan. Paulo Coelho menganggap bahwa pada awalnya hanya ada satu bahasa yang dimengerti oleh semua bagian semesta. Bahasa yang dia tulis adalah bahasa dunia, sarana komunikasi yang membuat seluruh isi semesta saling mengerti. Bahasa yang ditinggalkan manusia ketika beranjak besar dan diajari bahasa baru oleh orang tua mereka masing-masing.

Paulo Coelho menganggap bahwa Angin bisa berbicara, Padang pasir bisa mendengar, pohon mampu menjadi teman bercakap. Dan semua itu bahkan aku percayai sampai kini. Manusia adalah bagian dari semesta dan semesta itu sendiri memiliki bahasa sebagai alat komunikasinya. Aku yakin adanya itu, tapi semakin hari aku semakin tak perduli akan hal itu.

Sudah lama rasanya tak menulis dan setiap kalimat ini terasa berat untuk dirangkaikan.

Bandung, 5 Oktober 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s