No Title

Langit di atas langitMungkin benar, kebiasaan mampu menjadikan diri kita menjadi seorang raksasa. Kebiasaan pula yang menyusutkan diri ini menjadi remah-remah roti. Berkuliah di tempat ini aku senantiasa melihat ke atas. Kemampuan yang kumiliki seperti tak ada apa-apanya. Aku dibuat minder dan berkecil hati.

Berkuliah di tempat ini mengajarkan aku, bahwa di tengah kemunduran Indonesia. Ada manusia-manusia cerdas yang siap sepenuhnya membangun bangsa ini. Aku merasa tak khawatir jika Indonesia dipimpin manusia pintar masa depan. Sayangnya, untuk membangun bangsa memang dibutuhkan hanya kepintaran saja. Karakter kuat yang masih belum kulihat jelas pada sosok mereka, ya memang karena aku masih belum mengenal baik dengan mereka.

Berada di tempat ini, lagi-lagi aku sadar, bahwa kebiasaan laksana spriral yang makin hari makin membesar. Hari ini aku mengerti, kepintaran mereka bukan didapat secara instan. Bertahun-tahun menimba ilmu dengan serius dan mereka menjadi lebih hebat, aku rasa. Sedangkan aku yang tahun-tahun lalu sama sekali tak serius berkuliah, ternyata menuai padi yang lama aku tanam, kebanyakan tak menghasilkan apa-apa.

Sepertinya, sudah saatnya aku berhenti bersantai, sedikit lebih serius, memfokuskan tujuan. Mengambil segala pengalaman yang aku rasa melimpah. Sebelum nantinya hanya menjadi penyesalan.

Di atas langit pasti ada langit. Perumpamaan yang menggambarkan bahwa kita tak boleh bersombong diri. Aku merasa berada di dasar bumi ketika melihat langit yang saling meninggi, meninggikan.

–Menyempatkan menulis, sebelum nantinya vakum lagi–

Bandung, 2 September 2014

Sumber foto: Klik

ย 

3 thoughts on “No Title

  1. jleb banget. sejauh ini aku terkesan nyantai. terbukti. IPku semester ini cuma 2.5 aku jauh tertinggal dengan yang lainnya :’ harus bisa sadar dan kembali berjuang. hidup butuh perjuangan :’

Tinggalkan Balasan

