José Alberto Mujica Cordano

Mungkin sebagian dari kalian telah mengenal nama di atas. Ya, dia lah Presiden Urugay sejak 2010 lalu. Tempat tinggalnya hanyalah berupa gubuk sederhana yang dijaga dua polisi dan Manuela, anjing berkaki tiga. Jemuran pakaian pun tergantung di luar, sementara air bersumber dari sumur kecil di ladang. 90 % gaji bulanananya yang sebesar 12.000 dollar Amerika disumbangkan untuk lembaga amal.

“Saya dijuluki ‘Presiden termiskin’, tetapi saya tidak pernah merasa miskin,” kata Pepe. “Orang miskin adalah mereka yang bekerja mati-matian untuk mempertahankan gaya hidup mewah mereka dan selalu ingin lebih. Saya dapat hidup cukup dari apa yang ada sekarang.”

Membaca kisah hidup sang presiden ini di internet membuat aku tertegun. Ternyata, di belahan bumi lain, masih ada pemimpin yang lebih memilih hidup sederhana di tengah kemewahan yang disediakan untuknya. Dia tidak menolak materi, tapi dia menggunakan sekedarnya. Dia memilih untuk tidak diperbudak oleh materi.

Sang presiden ini bukanlah sosok ensentrik, dia hanya sadar bahwa kemewahan tak akan mampu terus digapai, walaupun kita telah mengusahakannya dengan mati-matian. Dia mungkin saja mengerti, bahwa kesederhanaan adalah kunci ketenagn hidup. Tanpa mobil mewah kita bisa hidup. Tanpa pakaian berkelas, kita pun masih bisa hidup. Tanpa makanan dari restorsn, semua manusia pun dapat hidup.

Aku lagi-lagi terkesima oleh kata-katanya. Orang miskin baginya adalah mereka yang bekerja mati-matian untuk kemewahan, mereka-mereka yang selalu mengejar dan terus ingin lebih lagi. Tanpa menyadari bahwa kebutuhan hidup telah terpenuhi jauh di belakang.

Lalu, untuk apa kita mati-matian mengejar kemewahan dengan berbagai cara. Jika sang presiden yang diberikan kemewahan oleh negara saja menolaknya, karena dia tak ingin manjadi orang miskin—orang yang mati-matian mempertahankan gaya hidup mewah.

Banjarbaru, 8 Desember 2013

Iklan

One thought on “José Alberto Mujica Cordano

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s