#14 Terima Kasih Atas Sabarmu

Fatimah Zuhra

Sulit untuk mengukur berapa kesabaran yang telah kamu tumpahkan untuk bersamaku. Tetesan sabar yang kamu berikan itu bukanlah menjadi embun tipis, ketika pagi hari dan menguap tak tersisa di pertengahan hari. Tapi, sabarmu membentuk stalaktit dan stalakmit yang kokoh di dinding-dinding goa yang sering kamu sentuh. Dinding-dinding yang sebelum kamu datang hanyalah berisi gelap dan pengap, karena hadirmu kini mereka indah, kini mereka menjadi lebih hidup.

Entah sudah berapa kesabaran yang telah kamu berikan. Bukan tentang tetesan hujan yang menyapa lautan. Tetapi, tentang tetesan hujan yang menyentuh gurun. Hadirmu selalu ditunggu, wujudmu selalu dirindu. Sabar yang telah kamu turunkan, telah berani mengganti hawa panas menjadi kesejukan di sana.

Tak mungkin bagiku untuk membayar segala sabar yang telah kamu sisipkan tanpa pamrih. Sabar itu menghangatkanku, ketika malam sering kali menyapa dengan dingin yang membekukan. Dan sabar itu menyejukkanku, ketika siang setia dengan terik yang membakar. Sabarmu kubutuhkan disegala situasi yang membuatku lemah.

Aku tahu, sabarmu sering kamu tumpahkan ketika melihat segala kekuranganku. Aku tak kuasa untuk menahannya keluar, karena aku bukanlah manusia yang sempurna. Aku tahu, setiap helaan nafas panjangmu, mengartikan segala sabar yang kamu punya kini keluar semua. Aku tak bisa berbuat apa-apa, karena kusadar, aku hanya manusia yang senantiasa berbuat salah.

Aku tak bisa memberikan apa-apa, atas sabar yang telah kamu berikan untuk mengahadapiku. Aku hanya bisa mendoakan, agar sabarmu tak sekarat lalu mati tak tersisa. Aku berharap, sabar itu beranak pinak tak terhingga, tumbuh subur di hati dan tak pernah gersang dilain hari.

Terima kasih atas sabar yang telah kamu berikan. Sabarmu telah menghidupkan sebagian besar hidupku.

Banjarbaru, 23 September 2013

Tinggalkan Balasan

