Cat 14 – Karya

penulisBanyak karya besar dihasilkan pada orang-orang muda. Karya terbaik bukan berarti hasil dari pengulangan puluhan tahun usahanya. Mungkin saja ada karya yang diminati semua orang, padahal usia pembuatnya masih relatif muda.

Karya terbaik tak pernah melihat usia untuk dihampirinya. Dia hanya melihat usaha, dia melihat kerja keras. Siapa yang melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka dia yang akan menjadi pemenangnya.

Aku tak akan lagi banyak bermimpi untuk menghasilkan karya terbaik, yang spektakuler, yang menggemparkan Indonesia. Mimpiku terlalu tinggi jika aku hanya berdiam diri dan terus bermimpi, hingga aku lupa diri.

Aku berusaha untuk sadar. Jika aku hanya berdiam diri, aku tak akan mendapatkan apa-apa. Aku tak akan memenangkan apa-apa. ‘Apa yang kita tanam, maka itu yang akan kita tuai’—begitulah kata pribahasa.

Janganlah merasa iri dengan karya terbaik dari orang lain. Mereka mendapatkannya pasti dengan kerja keras dan kesungguhan. Tak usahlah banyak bermimpi jika kita tak pernah bangun dan bergerak.

Karya terbaik hanya akan menghampiri manusia terbaik. Itulah hukum alam. Tak ada yang kebetulan.

Pelaihari, 17 Juli 2013

Sumber foto: Klik

Tinggalkan Balasan

