Hukum

hukumRibuan sarjana hukum terlahir di Indonesia setiap tahunnya. Lahir dari perguruan tinggi ternama yang diajar oleh Doktor maupun Profesor yang ternama pula. Segi intelektual yang tak perlu diragukan telah terpatri dalam diri mereka. Bagaimana dalam hal moralitas?

Aku masih berprasangka, bahwa sarjana yang baru lulus itu memiliki idealitas yang masih murni, bersih dan tak ternoda.  Semoga waktu tak mengubah mereka menjadi sebaliknya.

Sampai saat ini aku tak percaya dengan hukum. Mereka yang dengan seenaknya membuat hukum melalui undang-undang, eh ternyata itu hanya hasil pesanan dari segelintir orang yang berkepentingan. Jangan tanya apakah itu membuat rakyat sejahtera.

Tak jauh berbeda dengan para penegak hukum. Mereka hampir sama saja, entah itu hakim, jaksa, hingga para polisi. Entah mengapa di benakku mereka hanya melihat uang tanpa memperdulikan kebenaran ada di arah mana.

Lihatlah berita hari ini, bagaimana bisa para koruptor yang merugikan negara dan rakyat ratusan milyar bahkan triliyun berkeliaran bebas tak terjerat hukum. Seandainya terjerat itu pun melalui proses yang lama dan masa tahanan yang singkat pula. Tak sebanding dengan hukuman para maling kecil yang hampir mati dipukuli masa dan terpenjara bertahun lamanya.

Tak adakah ukuran yang adil untuk hukum di negeri ini. Agar para maling kecil yang mencoba menghidupi anak isterinya dengan para koruptor yang menghidupi hawa nafsunya bisa mendapatkan balasan hukuman yang setimpal dan adil.

Hukum yang dibuat manusia memang tak adil. Kita memang perlu hukum dari Tuhan yang Maha adil.

 18 Januari 2013

Sumber foto: Klik

Iklan

One thought on “Hukum

  1. Iya,,, bener,, hukum yang dibuat manusia hanya berpihak pada mereka yang punya uang, tidak ada keadilan dalam hukum yang dibuat manusia, hanya Allah Swt, yang adil dalam memberikan hukuman bagi manusia,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s