#12 Tempat Tenang

Aku pernah berjanji membawamu ke tempat yang tenang, dimana tak ada deru motor beserta asapnya. Apalagi tayangan kotak bergerak, yang tak ada habisnya. Tak ada teknologi di sana, kecuali handphone atau kamera yang kita bawa sendiri.

Aku ingin mengajakmu ke suatu tempat. Dimana kamu bisa mendengar suara angin dan senyuman daun berwarna hijau. Aku tak bermaksud menjadikan sebuah benda seperti manusia, mempersonifikasikan sesuatu. Aku hanya ingin kamu tahu bahwa segala yang ada di bumi ini bisa bergerak, bernafas, mengalir dan bahkan memiliki perasaan yang sama seperti manusia.

Kemarin aku mengajakmu ke tempat itu. tempat dimana hijau yang mendominasi penglihatanmu. Tempat dimana kamu lebih banyak melihat pohon dibandingkan beton. Tempat dimana ketenangan berkumpul banyak di sana, dan kita dengan mudah memetiknya.

Telingamu waktu itu disesaki gemuruh air terjun dan serangga pohon. Aku bingung, gemuruh air di tempat itu lebih tinggi suaranya beberapa desibel dibandingkan teriakan manusia dan bunyi kenalpot yang menyiksa telinga. Tapi mengapa kita malah mendapatkan ketenangan di sana. Kita tak merasa terganggu, kita malah menikmati suara gemuruh itu. apalagi ditambah dengan paduan suara serangga pohon. Membuat telinga kita berdansa bahagia.

Aku penasaran, apakah kamu bisa mendengar suara angin di sana? Apakah bunyi-bunyian disana mampu menggetarkan hati? Aku hanya ingin tahu, apakah kamu mencintai tenang sama sepertiku. Apakah kamu mencintai tempat itu? Menyukai air terjun, hutan dan pohon, dibandingkan kotak bergerak, motor, dan kota besar.

air terjun haratai

Pelaihari, 5 Januari 2013

Tinggalkan Balasan

