Welcome To My Life

Do you ever feel like breaking down?

Do you ever feel out of place?

Like somehow you just don’t belong

And no one understands you

Do you ever wanna runaway?

Do you lock yourself in your room?

With the radio on turned up so loud

That no one hears you scream

No you don’t know what it’s like

When nothing feels all right

You don’t know what it’s like

To be like me

Entah mengapa hari ini aku sangat menyukai lagu yang dinyanyikan Simple Plan ini. Beberapa kali aku dengarkan lewat headset. Ketika bangun tidur, habis mandi, online didepan laptop, bahkan ketika mata ini tak mampu dipejamkan dimalam yang sunyi. Boleh dikatakan lagu ini mengena sekali tentang apa yang kurasakan saat ini, dikamar ini, dan detik jam pukul 24 kurang 10 ini.

Mungkin kalian juga pernah merasakan betapa hancurnya hidup ini, betapa tak bergunanya hidup yang kita jalani, betapa kita hanya dipandang sebelah mata oleh orang lain. Kita pasti pernah merasakan itu sedikit atau banyak kita pernah mengecap dan menikmatinya. Perasaan yang lumrah terjadi karena manusia makhluk yang ingin selalu diakui eksistensinya dan merupakan suatu kewajaran ketika kita merasa sakit jika kita diremehkan dan diacuhkan oleh orang lain.

Aku selalu ingin arti hadirku selalu ditunggu banyak orang, bak segerombolan katak yang menanti penuh harap tetesan kecil air dari langit, mengawali awal bulan suka cita sebagai musim kawin, mencari pasangan, bernyanyi, menganggu tidur orang banyak dan melahirkan banyak anak. Aku selalu saja berharap menjadi tetesan air hujan yang diharapkan dan membahagiakan untuk segerombolan katak.

Akan tetapi tak selamanya hidup ini seperti apa yang kita impikan. Terkadang apa yang kita tulis di dongeng impian kita bertolak belakang dengan kenyataan yang ada. Kita ingin menjadi seorang putri raja yang cantik dan menanti kedatangan seorang panegeran berkuda putih, tetapi sayang, kenyataannya kita hanya seorang nenek sihir buruk rupa yang dijauhi banyak orang.

Do you ever feel like breaking down?

Do you ever feel out of place?

Like somehow you just don’t belong

And no one understands you

Hampir semua orang merasakan semua ini, aku merasakannya sekarang, kemarin atau waktu yang telah lalu. Aku merasakan hal ini berkali-kali. Aku merasa hancur, aku merasa tak berguna, aku merasa diacuhkan oleh orang lain, dan tak ada yang mengerti tentang diriku, tak ada satupun yang mengerti dan sekarang aku hanya sendiri.

 Ya karena aku bukan manusia yang dilahirkan sempurna. Keadaan fisikku mungkin akan membuat orang risih berada didekatku, sifat yang kumiliki mungkin membuat orang muak denganku. Segala kekuarangan yang aku miliki terkadang menjadi pemicuku merasa tak berguna didunia ini, ejekan orang lain, dan tatapan acuh tanda meremehkan kehadiranku. Semua ini membuatku merasa muak tentang ilusi dunia ini. Semua ini menjadi nyala api negatif yang membakar diriku.

Do you ever wanna runaway?

Do you lock yourself in your room?

With the radio on turned up so loud

That no one hears you scream

Aku merasa ingin selalu melarikan diri dengan semua ini, berhadapan dengan seorang monster mungkin merupakan tindakan yang bodoh. Lebih baik berlari, bersembunyi, dan berdoa semoga monster itu tak membunuhku dan memakanku mentah-mentah tanpa membaca Bismillah.

Memang terkadang aku menjadi seorang pengecut yang mengurung diri dari masalah, lari dan berharap masalah itu menghindar dan tersesat ketika dia mencariku. Tapi ternyata aku bodoh, aku tak mampu lari dari masalah yang kuhadapi. Masalah itu selalu mengetahui keberdaanku dan tak akan berhenti sebelum aku menyelesaikannya atau aku harus kalah dan menyerah ketika gagal memasang potongan puzzle yang terakhir.

Aku menyadari aku tak akan ammpu melarikan diri menghadapi ini, tapi ijinkan aku mengunci kamarku barang sejenak. Menyalakan radio dengan keras, hingga semua gaduh tercipta. Karena disaat itulah momen terbaik. Momen terbaik untuk berteriak sekencang-kencangnya tanpa terdengar orang lain. “Aku memang pecundang, tapi aku tak akan melarikan diri”

Do you wanna be somebody else?

Are you sick of feeling so left out?

Are you desperate to find something more

Before your life is over?

Terkadang aku ingin menjadi orang lain, minimal orang lain yang lebih beruntung dari diriku saat ini. Yang memiliki semua yang mereka inginkan tanpa besusah payah mendapatkannya. Terkadang pula aku tak bersyukur atas apa yang ku punya, meninggalkan raga ku sebagai pecundang dan menjadi orang baru yang tak dikenali orang lain.

Karena aku muak, aku muak dicampakkan orang lain. Aku muak ketika aku tak mampu menemukan sesuatu yang aku inginkan. Aku merasa tak berdaya untuk mewujudkan berbagai keinginanku. Aku hanya berimpi dan larut akan semua mimpiku.

Akupun membenci orang lain yang senantiasa memberikan senyuman palsu dihadapanku dan menikam dengan beringas dibelakangku. Aku benci dengan semua orang yang menertawakan kebodohanku, meragukan kemampuanku, dan tak menganggap arti hadirku.

Well, aku muak dengan semua ini. Aku muak atas semua ini.

Cause…!

No you don’t know what it’s like

When nothing feels all right

You don’t know what it’s like

To be like me

Kamu tak merasakan apa yang aku rasakan dan kamu tak mampu membayangkan apa yang aku rasakan. Selamanya pun kamu mungkin tak bisa merasakan persis yang aku rasakan.

Tapi tenang saja, aku bukan seorang pecundang yang akan melarikan diri. Aku hanya mengunci kamarku sejenak dan menyalakan radio dengan keras. Dan berteriak sekencang-kencangnya. Setelah itu aku tak memperdulikannya lagi, minimal aku telah mengurangi nyala api itu.

Menghilangkan rasa sakit itu, sendiri itu, hinaan itu, tatapan rendah itu, putus asa itu, ketidakperdulian itu, hingga menganggap remeh apa yang aku punya.

To be hurt, to feel lost, to be left out in the dark

To be kicked, when you’re down

To feel like you’ve been pushed around

To  be on the edge of breaking down

When no one’s there to save you

No you don’t know what it’s like

Welcome to my life

Karena semua orang tak tahu apa yang aku rasakan, kecuali ia menjadi diriku dan akan kuucapkan selamat datang di hidupku…!!!

Welcome to my life..!!!

One thought on “Welcome To My Life

Tinggalkan Balasan

