Kita kudu cerdas

“Seorang pria dikatakan cerdas, bila dia ngerti kapan harus melawan dan kapan harus mengalah”

Kata-kata ini merupakan sebuah kutipan dari film senggol bacok yang aku sendiri lupa apa pernah nonton filmnya apa ngga, akan tapi aku membaca kalimat ini di tweet akun kutipan_film. Sekilas bagiku sih biasa aja, hanya sebuah permainan kata yang membuat kalimat ini sedikit lebih bijak dan terlihat bermakna.

Tapi ketika aku mencoba meresapinya lebih dalam, ternyata kalimat ini ada benarnya juga. Ya seorang lelaki cerdas adalah seorang lelaki yang mampu mengendalikan emosinya, menempatkan egonya ditempat yang tepat, waktu yang tepat, dan respon balik yang juga tepat pula.

Jadi ketika ada seseorang lelaki yang lebih memilih menyelesaikan segala sesuatu itu dengan otot dan kekerasan. Maka aku akan mencap dia sebagai lelaki yang bodoh. Bodoh bukan dari sisi intelektual tapi lebih sistemik, bodoh dalam artian keseluruhan hidupnya, bodoh sifatnya, bodoh IQ-nya, bodoh pikirannya, pokoknya bodoh segala-galanya.

Memang sih tuhan menciptakan kita—laki-laki—memiliki kelebihan dari segi kekuatan fisik dibandingkan dengan wanita, tapi apakah atas dasar itu kita harus menyelesaikan setiap masalah dengan fisik pula. Bodoh itu jika ada yang menjawab iya, karena kita memiliki kelebihan lain yang diberikan tuhan yang membuat kita berbeda dengan ciptaan lain-Nya.

Kita memiliki akal sehat bung, dan itu jauh lebih cemerlang daripada kita menggunakan otot. Karena kita berbeda dengan ayam, yang kalau ketemu jantan lain akan saling patuk.

Dan ketika potensi akal itu kita miliki tapi kita masih mendahulukan otot. Betapa bodohnya kita. Terkadang otot tak menyelesaikan masalah, malah membuat masalah baru, menyisakan kerusakan yang membekas.

Jadi ketika kamu menantang aku untuk beradu otot, sepertinya itu tak perlu. Karena kita masih memiliki otak! 😉

Iklan

6 thoughts on “Kita kudu cerdas

  1. Ya seorang lelaki cerdas adalah seorang lelaki yang mampu mengendalikan emosinya, menempatkan egonya ditempat yang tepat, waktu yang tepat, dan respon balik yang juga tepat pula.

    Setujuuu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s