Aku Ingin Memiliki Sahabat Seperti Mereka…!!!

Sahabat merupakan hal yang sangat mempengaruhi dalam kehidupan kita. Seperti apa hidup kita, dapat kita lihat pencerminannya pada diri sahabat-sahabat kita. Hingga pantas Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk mencari sahabat yang memiliki akhlak yang terbaik. Seperti perumpamaan ketika berteman dengan penjual minyak wangi kita akan ikut wangi pula. Dan jika kita berteman dengan pandai besi kita akan mendapatkan bau asap dan percikan api.

“Maka dari itu Ya Allah berikan hamba sahabat-sahabat seperti mereka ini…!!!”

Abu Bakar Ash-shiddiq dialah khalifah pertama setelah Rasul wafat dan merupakan sahabat yang paling dekat dengan rasul. Dan dialah orang pertama yang membenarkan Isra Mi’rajnya Rasul, sehingga mendapat gelar Ash-shiddiq. Disaat banyak orang menyebut Rasul gila kerena telah melakukan perjalanan panjang sampai menembus langit tetapi hanya dilakukan dalam satu malam saja.

Sebelum masuk islam ia sangat terkenal jago gulat dan mabuk-mabukkan. Seluruh penduduk Makkah sangat takut kepada beliau, siapa lagi kalo bukan Umar bin Khattab. Setelah masuk Islam dialah sosok yang menjadi benteng Islam yang menyurutkan perlawanan kaum Quraisy.

Utsman bin Affan adalah khalifah yang berhasil mengumpulkan wahyu dan menyusunnya dalam mushaf AL Qur’an. Ia juga mendapatkan gelar Dzun Nur’ain (pemilik dua cahaya) karena menikahi dua putri nabi, Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Dia merupakan seseorang yang masuk Islam pertama dalam golongan anak-anak, dalam riwayat saat berusia 10 tahun. Dialah Ali bin Abi Thalib. Karena kecerdasan dan Ilmu yang dimilikinya Ali mendapat julukan “Babul-ilmi” Pintunya Ilmu.

Tanyakanlah keseimbangan hidup dunia dan akhirat kepada Abu Hanifah an Nu’man sosok pengusaha besar yang dermawan. pedagang yang sangat dipercaya karena sikap amanahnya, kemurahan hati dan kejujuran yang beliau miliki.

Zaid bin Haritsah dialah satu-satunya sahabat yang namanya tercantum dalam Al Qur’an. Kecintaannya kepada Rasulullah melebihi kecintaan ia kepada bapak dan pamannya.

Budak manapun mungkin tak ada yang mampu setegar Bilal bin Robah. Seorang budak hitam legam yang mampu menahan siksaan yang sangat berat dari kaum kafir Quraisy. Dijemur ditengah terik yang panas lalu ditindih batu yang sangat besar, ditambah menahan cambukan-cambukan hingga kulitnya ikut terkelupas saat cambuk diangkat. Siksaan ini semua tak pernah mampu menggoyahkan keimanan Bilal. Hingga ia dibeli dan dimerdekakan oleh Abu Bakar. Dialah Mu`adzin pertama dalam islam. Dengan suaranya yang amat merdu, ia mampu menggetarkan hati semua orang ketika adzan berkumandang.

Sungguh mungkin takan ada yang sanggup diantara kita melakukan apa yang dilakukan Abu Ubaidah bin Jarrah ketika perang uhud. Dalam kecamuk perang yang begitu dasyat, ia melihat ayahnya dalam barisan kaum musyrikin. Dan ia melihat kepongahan ayahnya, tanpa ragu lagi ia mengayunkan pedangnya untuk menghabisi salah satu gembong Quraisy yang tidak lain adalah ayahnya sendiri. Cintanya yang sangat mendalam dengan Islam, melebihi kecintaan dengan orang tuanya sendiri.

Utbah bin Ghazwan seorang pemanah ulung andalan kaum muslimin ini memiliki ketepatan yang luar biasa dalam hal memanah dan menombak.

Keberanian Thalhah bin Abdullah saat Perang Uhud benar-benar sangat mengaggumkan. Ia rela menjadi perisai Rasulullah dan mengalihkan panah yang akan menancap pada diri Rasul dengan tangannya sendiri, sehingga semua jari-jarinya putus.

Sa’ad bin Abi Waqqas sangat mahir menunggang kuda dan jika ia memanah musuh dalam sebuah peperangan pastilah tepat sasaran. Kecintaannya dengan Islam, membuat ibunya mengancam mogok makan dan minum jika ia tak kembali kepada ajaran nenek moyangnya. Tapi ia tidak mau menjual keyakinannya dengan apapun, walauapun dengan nyawa ibunya sendiri. Subhanallah..!!!

Kekayaan Abdurahman bin Auf tak membuatnya lupa dari Islam. Dialah salah satu sosok pedagang sukses pada zamannya. Ia selalu menfkahkan hartanya dijalan Allah. Bahkan saat Rasul mengabarkan bahwa dirinya dijamin masuk surga, semangat bersedekahnya semakin membara. Tak kurang dari 40.000 dirham perak,  40.000 dirham emas, 500 ekor kuda perang, dan 1500 ekor unta ia sumbangkan untuk perjuangan Islam.

Dialah sosok yang menjadi primadona timur tengah, dengan wajah yang tampan dan dari keturunan terpandang membuat para gadis manapun terpesona. Tapi itu tak membuat Mush’ab bin Umair tergoda untuk meninggalkan Islam dan iapun juga menjadi duta Islam yang pertama karena kemampuan komunikasinya.

Siapapun pasti akan gentar jika berhadapan dengan Hamzah bin Abdul Muthalib ketika dalam peperangan. Beliau merupakan paman Rasul dan dialah sosok yang mendapatkan julukan singa padang pasir pada saat itu. Panglima perang yang akan selalu kita kenang keberaniannya.

Fisik dan perangai Ja’far bin Abu Thalib sangat mirip dengan Rasulullah.

Zaid bin Tsabit adalah salah satu tokoh penting dalam pengumpulan wahyu untuk dijadikan mushaf Al Qur’an.

Sungguh sangat mengaggumkan keberanian Abu Dzarr Al Ghifary dalam menyampaikan sebuah kebenaran. Baginya menahan menyampaikan kebenaran lebih menderita ketimbang disiksa secara fisik. Baginya kebenaran menuntut pemiliknya untuk meneriakkannya karena kebenaran takkan pernah bisu.

Siapa saja mungkin takkan sanggup meninggalkan kenikmatan dunia bersama istri yang baru dinikahinya. Tapi itu bukan untuk Hanzalah bin Abi Amir ketika perang Uhud berkumandang dia dengan bersegera meninggalkan istrinya dan mengambil peralatan perang. Namun dia menjadi syahid dimedan perang. Yang sangat istimewa dia mendapatkan gelar “Ghasilul malaikat” gelar yang membuat siapapun menjadi iri, karena dimandikan oleh malaikat.

Panglima perang yang tangguh mungkin itu sangat pantas disematkan untuk Khalid bin Walid. Panglima perang yang memiliki strategi perang yang luar biasa dan mampu memenangkan peperangan disetiap pertempuran yang ia pimpin.

Dialah salah satu imam 4 mahzab, Imam Syafie pada usia 7 tahun saja beliau sudah mampu menghafal Al Qur’an. Diusia 15 tahun ia telah diberi ijin untuk mengeluarkan fatwa. Dialah sosok imam yang memilik kecerdasan yang luar biasa.

Umar bin Abdul Aziz adalah salah satu pemimpin yang harus dicontoh bagi para pemimpin negeri ini. Dialah sosok pemimpin yang hobi menangis, di bawah pimpinannya Islam mengalami puncak keemasan hingga tak ada seorangpun rakyat yang pantas menerima zakat dari baitul mal.

Al bukhari dialah imam para ahli hadits.

Atas berkat jasa-jasa Al Khawarizmi kita akhirnya bisa menuliskan milyaran angka tanpa menggunakan angka Romawi X,M,L,V yang sangat rumit jika menuliskan angka-angka besar. Dialah ilmuwan yang menemukan angka 0 yang sangat berguna bagi kita semua. Seandainya engkau masih hidup, ingin sekali aku belajar logaritma dan trigonometri yang memusingkan mata.

Ibnu Sina Dialah dokter yang menjadi pedoman dan teladan dokter-dokter modern dunia.

Secara logika Islam mungkin takkan pernah mampu membebaskan Konstantinopel, tapi jangan pernah katakan itu dihadapan Muhammad Al Fatih. Dialah sosok panglima perang muda terbaik yang pernah dimiliki dunia.

Sebenarnya masih banyak yang bisa ditulis disini, tapi tidak memungkinkan untuk ditulis satu persatu. Semoga tokoh-tokoh diatas bisa mewakili betapa sempurnanya Islam.

Ya Allah, semoga hamba memiliki sahabat seperti mereka.

Yang bisa memberi semangat ketika hamba lelah,

Yang bisa menolong ketika hamba terjatuh,

Yang bisa menunjukkan arah ketika hamba berbelok dari jalan-Mu

Ya Allah, berikanlah hamba sahabat seperti mereka

Untuk menjadi guru,

Untuk menjadi teladan,

Untuk menjadi motivator ketika keadaan membuatku menjauh

Untuk menjadi teman yang mengisi hari-hari dengan canda tawa yang tak mungkin berbumbu dusta,

Untuk menjadi rival dalam berlomba menuju kebaikan

Ya Allah tunjukkan hamba sahabat-sahabat seperti mereka

Yang kecintaannya kepada-Mu dan Rasul-Mu melebihi kecintaannya kepada orang tua

Yang kecintaannya kepada-Mu dan Rasul-Mu melampaui kecintannya kepada anak-anak dan istri-istri mereka

Yang kecintaannya kepada-Mu dan Rasul-Mu mengalahkan kecintannya kepada harta benda dan barang-barang perniagaannya

Yang kecintaannya kepada-Mu dan Rasul-Mu melebihi kecintannya terhadap dirinya sendiri

Tapi hamba menyadari takkan mungkin memiliki sahabat sempurna seperti mereka

Takkan mungkin hamba memiliki sahabat terbaik seperti mereka

Dan akan sangat sulit menemukan sahabat seperti mereka

Tapi hamba memohon kepada engkau Ya Allah

Berikan hamba dan sahabat-sahabat hamba, Akhlak dan sifat-sifat seperti mereka

Berikan hamba dan sahabat-sahabat hamba, keteguhan iman seperti mereka

Berikan hamba dan sahabat-sahabat hamba, kecintannya terhadap-Mu seperti mereka

Berikan hamba dan sahabat-sahabat hamba, kekuatan dalam menghadapi masalah seperti mereka

Berikan hamba dan sahabat-sahabat hamba, istri-istri yang solehah seperti istri mereka. Hii

Kabulkan doa hamba ya Allah, karena takkan mungkin hamba bisa menjalani hari tanpa sahabat-sahabat terbaik disisi hamba.

Didedikasiakan untuk seluruh sahabatku dimana saja

Desember 09

(Disaat-tangan-ini-terasa-kaku-untuk-menulis)

Iklan

3 thoughts on “Aku Ingin Memiliki Sahabat Seperti Mereka…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s