Silahakan pilih tipe kepribadian loe…

Hari ini seperti hari-hari biasanya. Tapi yang sedikit berbeda, hari ini aku sedikit memutar otak dengan keras. Karena aku sedang memecahkan sebuah penemuan yang belum sempat terselesaikan oleh Stephen Hawking dan Albert Einstein. Judul thesisnya adalah “Mengapa ngupil harus pake jari tangan?” (jayus am) haha… Sempat frustasi kenapa setiap hari aku menjadi seseorang yang tidak berguna. Yang tidak bisa memberikan satu kontribusipun untuk dunia ini.

Tapi Alhamdulillah aku cepat tersadar oleh sebuah kalimat bijak “Setiap tetes tinta seorang penulis adalah darah bagi perubahan peradaban. Karneanya, perhatikanlah bagaimana ujung penamu bergerak

Salah satu kalimat yang memaksaku termotivasi untuk kembali menulis. Memberikan sedikit kontribusi untuk dunia. Walaupun mungkin dunia akan menertawakan tulisanku. Dan juga, semoga lewat tulisan ini bisa menjadi pemberat timbangan amalku di hari dimana tidak ada naungan selain naungan-Nya.. Aamin

Dengan semangat menggebu-gebu, aku buka laptop. Tapi salah satu hambatan disaat semangat bak dijalan bebas hambatan. Aku nulis apa? Sebuah pertanyaan yg selalu muncul ketika lembar Microsoft word muncul, dan saat jari-jari siap menghentakan keyboard memberikan alunan simfoni menghentakkan distorsi, platak, klotak, tek tek, dumm.

*Sekarang dan seterusnya aku makai kata ‘gue’ ‘loe’. c0z 9u3 kh4n 4n4k 9401 91tue lo0ch

Tapi hal itu tak berlangsung lama karena tiba-tiba gue melirik sebuah buku yang ‘sempet’ gue beli, judulnya “And the star is me”.”Loe beli buku fer? Ngga salah tulis nie?” ‘Tenang sob, walaupun prinsip hidup gue minjem pangkal hemat, embat pangkal sehat. Tapi kalau buat ilmu pengetahuan kita harus memperioritaskan dari kebutuhan skunder lainnya. Teringat kata-kata bijak Aa Gym “Uang yang anda keluarkan untuk membeli sebuah buku, mengikuti seminar, les atau kursus bukanlah sebuah bentuk pengeluaran, tapi merupakan investasi yang sangat menguntungkan di hari kelak. Karena ilmu adalah harta yang takkan pernah habis, apalagi kalau kita mengajarkannya.

Setelah gue bolak-balik tu buku, yang sampai sekarangpun belum sempet habis dibaca (karena membaca bukan bakat dan hobi gue). Akhirnya gue menemukan sebuah bab yang ngebahas tentang 4 tipe kepribadian manusia. Dengan senyum yang menawan dibibir yang kata orang sangat indah, akhirnya gue dapat ide buat menulis.

Sebelumnya gue minta maaf kalau artikel ini akan menjadi sangat panjang dan kalian pade jadi bosan ngebacanya. Karena yang loe rasakan adalah hal yang wajar kok, karena ciri khas utama tulisan-tulisan gue adalah sangat ngawur, panjang tapi membingungkan, tidak sesuai tata bahasa, sangat melanggar EYD, dan penggunaan titik koma yang semena-mena tanpa mempertimbangkan batas kewajaran.

Dan seandainya saja artikel ini dibaca ama guru atau dosen Bahasa Indonesia. Gue yakin itu dosen pasti dengan senang hati menjadikan tulisan ini menjadi soal final test “Anak-anak dihadapan kalian ada sebuah tulisan yang sangat melanggar tata bahasa, EYDnya lebih parah daripada celotehan balita umur 3 tahun, penggunaan kata dalam kalimatnya sangat janggal dan membingungkan, dan jangan tanyakan penempatan titik koma yang benar, Karena bapak yakin yang nulis ini tuts ‘titik’ dan ‘koma’ dalam keyboardnya mengalami autis sejak dini. Sekarang tugas kalian temukan minimal 500 kesalahan didalam tulisan ini.” Dan gue yakin semua mahasiswa akan dapat nilai A semua. Gimana ngga, menemukan kesalahan penulisan ditulisan gue sama mudahnya menemukan jerami ditumpukan jerami.

Kayaknya gue kebanyakan ngomong nie, langsung aja ya.

Florence Littauer, dalam bukunya Personality plus membagi tipe kepribadian menjadi 4, yakni sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Masing-masing tipe ini memiliki kelebihan yang harus dioptimalkan dan kekurangan yang harus diminamilisir. Konon 4 tipe kepribadian ini pula yang mendasari karakter tokoh-tokoh dalam F4 (Meteor Garden).

SANGUINIS
Kepribadian ini ditandai dengan 3 karakter utama, yakni ekstrovert, senang berbicara, dan optimis. Orang sanguinis biasanya identik dengan POPULER dan dilingkupi popularitas.

*Emosi
Kelebihan Emosi Sanguinis-Populer
Mereka merupakan pribadi yang menyenangkan dan menarik, suka berbicara dan bercerita, menghidupkan suasana, humoris, mempunyai ingatan yang kuat akan warna, mampu berbicara dengan memukau, emosional dan demonstratif, antusias dan ekspresif, ceria dan selalu bergembira, Penuh rasa ingin tahu, good performance diatas panggung, berhati tulus, lugu dan polos, periang dan penuh semanagat, serta hidup di ‘masa sekarang’.

Kekurangan Emosi Sanguinis-Populer
Mereka pribadi yang suka berbicara, terkadang hal inilah yang menjadi kelebihan dan kekurangan pribadi sanguinis, energi yang tak mau diam, terlalu mementingkan diri sendiri, suka mengeluh, terlalu cerewet, mudah bosan, suara dan tertawa keras, mudah marah, tampak palsu bagi beberapa orang, dikendalikan keadaan, tidak tertib, serta sulit untuk dewasa.

*Kerja
Kelebihan Kerja Sanguinis-Populer
Mereka pribadi yang mengajukkan diri secara sukarela untuk bekerja, selalu memikirkan hal-hal baru, tampak hebat dipermukaan, kreatif dan penuh warna, punya energi dan semangat, mulai dengan cara yang hebat, mengilhami orang lain untuk gabung serta mempesona orang lain untuk bekerja.

Kekuarangan Kerja Sanguinis-Populer
Mereka pribadi yang suka berbicara, kerap melupakan kewajiban, tidak mengikuti sampai tuntas, keyakinan cepat luntur, tidak disiplin, prioritas kacau, memutuskan dengan perasaan, mudah teralihkan perhatian serta suka membesar-besarkan masalah.

*Pertemanan
Kelebihan Pertemanan Sanguinis-Populer
Mereka pribadi yang mudah bergaul, merupakan sosok teman yang baik, gampang jatuh cinta, suka dipuji, menyenangkan, tampak mengembirakan, dicemburui orang lain, tidak pendendam, cepat meminta maaf, menyukai kegiatan spontan dan tidak membosankan.


Kekurangan Pertemanan Sanguinis-Populer
Mereka pribadi yang membenci kesendirian, ingin menjadi pusat perhatian, mencari penghargaan, mendominasi percakapan, menjawab untuk orang lain, tidak tetap, pelupa—terutama terhadap nama (ini nie ciri khas gue banget sob, “loe itu anak sanguinis ato dari sononya emang pikun?” ya 11,12 lah. Karena bagi gue, ngapalin nama orang yang baru dikenal sama susahnya seperti ngapalin rumus fisika sambil nahan nafas), sulit untuk mendengarkan, teman suka berganti-ganti dan gemar membuat dalih.

Kesimpulan
Yah, itulah sosok yang sanguinis, ia terlalu gembira, tampil bak bintang, membuat orang senang, namun ia merasa sebagai pribadi yang tidak mungkin salah. Sehingga ia mudah patah oleh kritikan, namun cepat bangkit dan melupakan kritikan itu.

KOLERIS
Koleris adalah pribadi yang kuat, kepribadian ini ditandai 3 ciri utama yaitu: ekstovert, pelaku sebuah pekerjaan, dan selalu optimis. Pribadi ini berbakat menjadi seorang pemimpin.

*Emosi

Kelebihan Emosi Koleris-Kuat
Mereka pribadi yang berbakat menjadi pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, senantiasa memperbaiki kesalahan, berkemauan kuat dan tegas, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan keyakinan, bisa menjalankan apa saja, dan tidak menyukai air mata dan emosi

Kekurangan Emosi Koleris-Kuat
Mereka pribadi yang suka memerintah, tidak sabar, cepat marah, tidak bisa santai, terlalu bergairah, menyukai kontroversi dan pertengkaran, tidak mau menyerah kalau kalah, kaku, tidak mau memuji, tidak simpatik, ia tidak bisa bersantai-santai dan selalu tegang, ini tentu membuat ia mudah depresi dan berpotensi menimbulkan beberapa jenis penyakit ‘elite’ seperti serangan jantung, stroke, liver, maag typus dan lain-lain.


*Kerja


Kelebihan Kerja Koleris-Kuat
Mereka pribadi yang berorientasi pada tearget, motivator yang hebat, melihat secara detail, ingin segala sesuatu serba teratur (terorganisir), mencari pemecahan secara peraktis, bergerak cepat dalam bertindak, mendelegasikan pekerjaan, wawasan tentang produksi, membuat tujuan, merangsang kegiatan, serta kompetitif.


Kekurangan Kerja Koleris-Kuat
Mereka pribadi yang sedikit toleransi terhadap kesalahan, tidak menganalisa perincian, bosan oleh hal spele, tergesa-gesa membuatt keputusan, terkadang kasar dan tidak taktis, memanipulasi orang lain, menuntut orang lain, tujuan menghalalkan segala cara, kerja bisa menjadi tuhannnya (mengagungkan pekerjaan), ambisius dalam mengejar prestasi serta menuntut loyalitas bawahan selain itu orang koleris hanya mampu bahagia jika berposisi sebagai pemimpin.

* Pertemanan


Kelebihan Pertemanan Koleris-Kuat
Mereka pribadi yang tidak membutuhkan teman, mau bekerja untuk kegiatan kelompok, mau memimpin dan mengorganisasi, biasanya ‘merasa’ benar dan unggul dalam keadaan darurat, bisa melakukan segalanya lebih baik.


Kekurangan Pertemanan Koleris-Kuat
Mereka pribadi yang cebderung memperalat orang lain, mendominasi orang lain, ingin menguasai kawan dan pasangan, tidak bisa minta maaf, mungkin benarr tapi tidak popular.


Kesimpulan
Koleris selalu sok unggul dan meremehkan orang lain. Namun uniknya, mereka mampu memanipulasi orang sehingga tunduk dibawah kendalinya. Rata-rata mereka menjadi otoriterdan senang dengan kompetisi. Karena jika ia ‘berkompetisi’ dan ia menang, maka itulah kesenangan yang ia dambakan. Sayangnya, ia juga sangat sulit untuk minta maaf. Namanya juga jagooooaann…!!!


MELANKOLIS
Melankolis adalah pribadi yang sempurna. Ia merupakan pribadi introvert, pemikir dan pesimis. Secara emosi dia adalah orang yang mendalam dan penuh pikiran.


*Emosi


Kelebihan Emosi Melankolis-Sempurna
Mereka pribadi yang mendalam dan penuh oikiran, analitis, serius dan bertujuan, berbakat dan kreatif, artstik dan musical, berfilsafat dan puitis, menghargai keindahan, sensitif kepada orang lain, mau mengorbankan diri, bijaksana serta idealistis.


Kekurangan Emosi Melankolis-Sempurna
Mereka pribadi yang mengingat yang negatif, murung dan tertekan, menikmati sakit hati, punya kerendahan hati palsu, berada didunia lain, citra diri rendah, mendengarkan secara selektif, mementingkan diri sendiri, terlalu introspektif, merasa bersalah serta menderita kompleks teraniaya.


*Kerja


Kelebihan Kerja Melankolis-Sempurna
Mereka pribadi yang berorientasi jadwal, perfeksionis, standar tinggi, sadar perincian, tekun dan tuntas, serba tertib dan teratur, serba rapi untuk merencanakan, hemat, melihat masalah, menemukan pemecahan kreatif, perlu menyelesaikan apa yang dimulai.


Kekurangan Kerja Melankolis-Sempurna
Mereka pribadi yang tidak berorinetasi manusia, tertekan karena ketidak sempurnaan, memilih pekerjaan sulit, ragu-ragu memulai proyek, melewatkan banyak waktu, memilih analisa diatas kerja, merendahkan diri sendiri, sulit disenangkan, standar sering terlau tinggi, serta sangat memerlukan persetujuan.


*Pertemanan


Kelebihan Pertemanan Melankolis-Sempurna
Mereka pribadi yang berteman dengan hati-hati, puas ada dibelakang layar, menghindari perhatian, setia dan mengabdi, mau mendengarkan keluhan, bisa memecahkan persoalan orang lain, mudah terharu dan kasihan, mencari teman hidup ideal, serta skeptis terhadap pujian.


Kekurangan Pertemanan Melankolis-Sempurna
Mereka pribadi yang hidup melalui orang lain, tidak aman secara sosial, menarik diri dan menjauh, suka menkritik orang lain, menahan kasih sayang, tidak menyukai yang menentang, mencurigai orang lain, antagonistis dan pendendam, tidak mudah memafkan, serta penuh kontradiksi.


PLEGMATIS
Damai, itulah kesan terkuat yang didapatdari orang plematis, ia adalah sosok yang introvert, pengamat dan pesimis.


*Emosi


Kelebihan Emosi Plegmatis-Damai
Mereka pribadi yang low profil. mudah bergaul dan santai, tenang dan teguh, sabar, seimbang, hidup konsisten, tidak banyak cakap tetapi bijaksana, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, senang menyesuaikan diri, serta penuh tujuan.


Kekurangan Emosi Plematis-Damai

Mereka pribadi yang tidak antusias, takut dan khawatir, tidak pasti, menghindari tanggung jawab, mementingkan diri sendiri, terlalu pemalu dan pendiam, terlalu suka kompromi, merasa benar sendiri


*Kerja


Kelebihan Kerja Plegmatis-Damai
Mereka pribadi yang cakap dan mantap, damai dan menyenangkan, punya kemampuan administrasi, menengahi masalah, menghindari pertikaian, baik dibawah tekanan, serta menemukan cara yang mudah.


Kekurangan Kerja Plematis-Damai
Mereka pribadi yang tidak berorientasi tujuan, kurang motivasi diri, sulit bergerak, tidak senag didesak-desak, malas dan tidak peduli, membuat orang lain merosot semangatnya, serta lebih suka menonton.


*Petemanan


Kelebihan Pertemanan Plegmatis-Damai
Mereka pribadi yang mudah diajak rukun, menyenangkan, tidak suka menyinggung perasaan, pendengar yang baik, rasa humor yang tajam, suka mengawasi orang lain, punya banyak teman, berbelas kasihan dan peduli.


Kekurangan Pertemanan Plegmatis-Damai
Mereka pribadi yang menghilangkan antusiasme, tidak mau terlibat, tidak menyenangkan, tidak memperdulikan rencana, menilai orang lain, sarkatis dan mengejek, serta menolak perubahan.

Kayanya tulisan gue kali ini panjang banget ya sob, siapa yang ngebaca tulisan gue dari awal sampai habis kayanya tu orang benar-benar kutu tulisan stadium akhir. ya begitulah namanya juga gue masih penulis amatir yang merasa nyaman menjadi amatir.

Sebenarnya masih banyak yang mau gue tulis, karena tipe kepribadian yang kita miliki ngga semua berasal dari satu tipe kepribadian (kepribadian sejati). Tetapi acap kali kita merupakan hasil dari gabungan dari dua tipe kepribadian atau lebih. Yang jelas diantara kedua kepribadian itu ada yang dominan dan ada yang tidak.

Jadi tunggu aja sambungan tulisan ini,


(Disaatmulaikehilangankesadaran)

blog gue yang lama: klik

Iklan

3 thoughts on “Silahakan pilih tipe kepribadian loe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s