dakwah

Pribadi terbaik…!!!

Sambungan dari SIAPAKAH IDOLA LOE???

Alhamdulillah akhirnya bisa ngelanjutin kembali sambungan dari artikel sebelumnya. Walaupun sempat ga ada semangat untuk nulis, tapi tiba2 aku teringat dengan kalimat motivasi yg pernah aku baca. para pemalas menggunakan  MOOD sebagai alasan untuk tidak bertindak, sedangkan para penulis menendalikan MOOD untuk menghalau kemalasan.

Sebenarnya pada artikel siapakah idola loe? Mendapatkan sebuah kritik yang sangat bagus dari salah seorang sahabat. Dia mengatakan bahwa kata idola berasal dari bahasa inggris, idol yang artinya tersirat sebagai sesembahan (berhala). Tapi menurut pendapat pribadiku sendiri idola adalah sosok manusia yang mampu merubah dan memotivasi kita menuju arah yang lebih baik, tanpa menuhankan sosok tersebut. Tapi aku menghargai pendapat salah seorang sahabatku, dan agar tidak terjadi pro kontra kebahasaan…hahay.. maka kita ganti idola menjadi panutan, nggak beda jauhkan artinya.

nabi muhammad saw

Lalu siapakah sosok panutan yang aku rekomendasikan buat kalian semua?. Tanpa saya sebutkan namanya mungkin kalian semua tahu siapa sosok tersebut, Dan jawabannnyaaaa aadaaalllaaahhh…. Ya benar sekali dia adalah nabi Muhammad SAW. Sosok yang didalam Al Quran menjadi suri tauladan yang baik buat seluruh umat manusia.

Baca lebih lanjut

Categories: dakwah | Tags: , , , , , | 5 Komentar

Siapakah idola loe???

Alhamdulillah akhirnya aku bisa nulis lagi… dan aku juga sangat bersyukur akhirnya bisa lulus UN. “Nikmat tuhan manakah yang kau dustakan.” (Ar-Rahman;13)

idola baru remajaSempat bingung mau nulis apa. Kalo yang rada keras takut dipenjara kaya Prita. Ckckck zaman udah modern kaya sekarang, kok kebebasan berpendapat masih dikekang yaaa..

Ya udah akhirnya aku berpikiran untuk menulis tentang idola. Salah satu komponen yang merubah dan memotivasi kita untuk menjadi lebih baik. Kalo ada orang nanya tentang idola dengan kalian pasti jawaban akan berbeda setiap orangnya. mungkin kalo suka film kartun ada yang mengidolakan avatar, naruto atau malah dora. It’s okey mereka semua mungkin lucu dan hebat. Ato mungkin ada yang suka film fiktif bin membunguli, mungkin ada yang mengidolakan wolferine, transformer, spiderman ato malah terminator. Yang suka bola mungkin suka CR7 ato kaka. Ato mungkin juga ada yang suka serial drama korea, pasti banyak cewe-cewe yang mengidolakan actor-aktor Korea yang mukanya ngga beda jauh sama aku. Ato mungkin ada yang ngidolain banget Michael Jackson.

Baca lebih lanjut

Categories: dakwah | Tags: , , , , , | 2 Komentar

Aku Ingin Memiliki Sahabat Seperti Mereka…!!!

Sahabat merupakan hal yang sangat mempengaruhi dalam kehidupan kita. Seperti apa hidup kita, dapat kita lihat pencerminannya pada diri sahabat-sahabat kita. Hingga pantas Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk mencari sahabat yang memiliki akhlak yang terbaik. Seperti perumpamaan ketika berteman dengan penjual minyak wangi kita akan ikut wangi pula. Dan jika kita berteman dengan pandai besi kita akan mendapatkan bau asap dan percikan api.

“Maka dari itu Ya Allah berikan hamba sahabat-sahabat seperti mereka ini…!!!”

Abu Bakar Ash-shiddiq dialah khalifah pertama setelah Rasul wafat dan merupakan sahabat yang paling dekat dengan rasul. Dan dialah orang pertama yang membenarkan Isra Mi’rajnya Rasul, sehingga mendapat gelar Ash-shiddiq. Disaat banyak orang menyebut Rasul gila kerena telah melakukan perjalanan panjang sampai menembus langit tetapi hanya dilakukan dalam satu malam saja.

Sebelum masuk islam ia sangat terkenal jago gulat dan mabuk-mabukkan. Seluruh penduduk Makkah sangat takut kepada beliau, siapa lagi kalo bukan Umar bin Khattab. Setelah masuk Islam dialah sosok yang menjadi benteng Islam yang menyurutkan perlawanan kaum Quraisy.

Utsman bin Affan adalah khalifah yang berhasil mengumpulkan wahyu dan menyusunnya dalam mushaf AL Qur’an. Ia juga mendapatkan gelar Dzun Nur’ain (pemilik dua cahaya) karena menikahi dua putri nabi, Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Dia merupakan seseorang yang masuk Islam pertama dalam golongan anak-anak, dalam riwayat saat berusia 10 tahun. Dialah Ali bin Abi Thalib. Karena kecerdasan dan Ilmu yang dimilikinya Ali mendapat julukan “Babul-ilmi” Pintunya Ilmu.

Tanyakanlah keseimbangan hidup dunia dan akhirat kepada Abu Hanifah an Nu’man sosok pengusaha besar yang dermawan. pedagang yang sangat dipercaya karena sikap amanahnya, kemurahan hati dan kejujuran yang beliau miliki.

Baca lebih lanjut

Categories: dakwah | Tags: , , , , , | 3 Komentar

Indahnya Ukhuwah, indahnya hidup ini

Gue pernah menuliskan sebuah artikel yang berjudul Aku ingin memiliki sahabat seperti mereka. Sebuah gambaran, betapa berbeda sifat dan kepribadian yang dimiliki oleh mereka tapi mereka mampu memperat dan mengokohkan ukhuwah yang dijalin. Mereka bagaikan satu tubuh yang saling mengisi tanpa membedakan derajat dan kekayaan yang dimiliki. Karena tali yang mengikat mereka bukanlah karena suatu kelompok, golongan, ataupun kesamaan prinsip, tapi yang mengikat persaudaraan mereka adalah Allah.

Betapa indahnya hidup ini jika kita bisa mempererat tali ukhuwah diantara kita sehingga perbedaan yang terjadi tak akan mampu mempecah belah persaudaraan kita. sebagaimana Allah berfirman dalam Al Quran, “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara.” Dan Rasulullahpun menambahkan Orang mukmin itu ibarat satu tubuh, apabila ada anggota tubuhnya sakit maka seluruh tubuh akan merasakan sakitnya.” Di hadis lain pun Rasul bersabda, “Barangsiapa yang hendak merasakan manisnya iman, hendaklah ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri”. Dan Rasul menghimbau agar kita saling menjaga ukhuwah, “Sesungguhnya seorang muslim apabila bertemu saudaranya yang muslim, lalu ia memegang tangannya(berjabat tangan), gugurlah dosa-dosa keduanya sebagaimana gugurnya daun dari pohon kering yang ditiup angin kencang. Sungguh diampuni dosa mereka berdua, meski sebanyak buih dilautan.”(HR.Tabrani).

Ada sebuah kisah kisah yang mungkin bisa kita teladani dalam menjaga ukhuwah. Kisah yang terjadi antara pemimpin NU (K.H Idham Cholid) dan pemimpin Muhammadiyah (Buya Hamka) ketika sedang melakukkan perjalanan ketanah suci, kurang lebih seperti ini : ketika mereka sedang dalam perjalanan menuju tanah suci didalam sebuah kapal laut, saat melakukan sholat subuh berjamaah, para pengikut Nadhlatul Ulama heran saat Idham Cholid (tokoh NU) yang mempunyai kebiasaan menggunakan doa qunut dalam kesehariannya, malah tidak memakai doa qunut tatkala Buya hamka dan sebagian pengikut Muhammadiyah menjadi makmumnya.

Baca lebih lanjut

Categories: dakwah | Tags: , , , , , , | 4 Komentar

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.